kopi

Jenis Kopi Nusantara

Untuk kalian para pecinta kopi, pasti sudah tidak asing dengan jenis kopi Robusta dan Arabika. Dua kopi tersebut sudah terkenal di penjur dunia. Namun apakah kamu tahu? Ternyata Indonesia juga memiliki kopi yang tidak kalah nikmat dan memiliki cita rasa tradisional yang tidak ada dua nya.

Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbesar didunia, dengan variasi kopi yang sangat banyak pada setiap daerah. Setiap kopi di indonesia memiliki karakteristik yang berbeda, hal itu disebabkan karena keadaan daerah di Indonesia yang beragam. Misalnya, kopi Toraja memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan kopi Aceh Gayo. Mengapa demikian? Karena keadaan di Toraja dan di Aceh Gayo tentunya berbeda, walaupun kedua kopi tersebut sama-sama ditanam di atas pegunungan.

Apakah jenis – jenis kopi Nusantara tersebut? mari kita bahas secara seksama.

1. Kopi Toraja

Salah satu daerah penghasil kopi Nusantara di Indonesia adalah Toraja, Sulawesi Selatan. Tanah Toraja merupakan salah satu daerah yang diberkahi tanah yang subur untuk tempat tanaman kopi tumbuh subur. Kopi yang ditanam di perkebunan kopi pegunungan Toraja ini merupakan jenis kopi Arabika Toraja. Namun selain menghasilkan kopi jenis Arabika, pegunungan ini juga menghasilkan kopi jenis Robusta kualitas tinggi.

Karakteristik rasa kopi Toraja ini adalah memiliki rasa yang kuat dengan kadar keasaman yang tinggi. Selain itu juga kopi Toraja memiliki aroma yang khas. Menurut para ahli aroma itulah yang menjadikan kopi Toraja berbeda dengan kopi dari daerah lain. Selain itu, rasa pahit di kopi Toraja akan menghilang sesaat tanpa meninggalkan rasa pahit di lidah. Tetapi keasaman kopi ini akan semakin meningkat jika tidak langsung dikonsumsi.

2. Kopi Jawa

Kopi yang dihasilkan di daerah Jawa ini adalah jenis kopi Arabika berkualitas dunia. Kopi Arabika ini ditanam di pegunungan Ijen daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Banyak pecinta kopi yang memfavoritkan kopi ini.

Kopi Jawa ini memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena memiliki karakteristi yang berbeda. Meski rasa kopi Jawa tidak sekuat kopi dari daerah lain dari segi cita rasa dan aroma, tetapi dia memiliki penikmat sendiri karena aroma tipis rempah yang dihasilkan.

Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah yang memuat cita rasanya yang tidak terlalu kuat.

3. Kopi Gayo Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Gayo, kopi Arabika yang berasal dari perkebunan kopi dataran tinggi Gayo, Aceh ini sudah terkenal kenikmatannya sampai penjuru dunia. Kopi Arabika yang berasal dari Gayo, Aceh ini sudah menjadi salah satu komoditi ekspor di Indonesia.

Negara di kawasan Asia, Eropa, dan Amerika menjadi tujuan ekspor kopi Gayo, Aceh. Kopi Gayo memiliki cita rasa lebih pahit dengan tingkat keasaman yang rendah. Aroma yang sangat tajam menjadikan kopi ini disukai oleh khalayak ramai. Meskipun memiliki rasa yang pahit, kopi Gayo memberikan aroma yang gurih di setiap tegukan.

4. Kopi Kintamani

Jenis kopi Nusantara lainnya adalah kopi Kintamani yang berasal dari pulau Dewata, Bali. Bukan hanya daya tarik wisatanya yang dikenal oleh warga dunia, kopinya pun tidak kalah terkenal. Dengan cita rasa yang unik, kopi ini banyak disukai oleh warga dunia.

Kopi Kintamani ini memiliki cita rasa kopi yang segar bercampur dengan rasa dan aroma buah-buahan yang nikmat. Hal ini disebabkan teknik menanam kopi di Kintamani ini dengan cara tumpang sari, dengan ditanam bersamaan dengan sayur dan buah. Hal itu menyebabkan biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk dan sebagainya.

Selain memiliki rasa yang unik kopi Bali ini memiliki rasa yang lembut dan tidak berat.

5. Kopi Flores

Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang menajubkan ternyata kopi Flores juga tidak kalah menajubkan. Kopi ini juga dikenal dengan nama kopi Flores Bejawa yang ditanam di pegunungan Flores yang dikenal sangat subur dan cocok untuk perkebunan kopi.

Kopi  Flores Bejawa biasa melalui proses giling basah. Kopi ini memiliki sedikit aroma buah-buahan dan sedikit bau tembakau pada after taste nya. Sebuah keunikan yang tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

6. Kopi Sumatra

Kopi yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan kopi jenis lainnya. Kopi Sumatra ini berasal dari Sumatra Utara dengan kopi Sindikalang, Lintong, dan Mandheling. Kopi Sumatra ini memiliki cita rasa yang berat dan bisa dikatakan paling berat di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia.

Beberapa ahli mengatakan kopi ini memiliki cita rasa unik dengan aroma rempah dan juga earthy. Kopi Sumatra memiliki tekstur halus dan berbau tajam.  Inilah yang menyebabkan kopi Sumatra menjadi salah satu kopi paling laris.

Kopi ini diproses dengan dua cara yaitu semi-washed dan dry-processed. Ditanam di ketinggian dan kontur tanah ideal menjadikan kopi Sumatra berkualitas terbaik bahkan di mata Internasional.

Itulah beberapa jenis kopi Nusantara yang terkenal di penjuru dunia, apakah kamu sudah perna coba semuanya?

Scroll to Top